Bab 1 Computer Network

Fundamental

     Jaringan komputer atau komunikasi data adalah seperangkat disiplin ilmu yang bersangkutan
dengan komunikasi antara sistem komputer atau perangkat. Ini memiliki persyaratan
dan prinsip-prinsip dasar.

1.1 Requirements for Computer Networking
        Kumpulan persyaratan untuk jaringan komputer dapat diterjemahkan ke dalam satu set
Tujuan yang harus dipenuhi saat merancang, mengimplementasikan, dan mengoperasikan komputer
jaringan. Selama bertahun-tahun, set ini memang berubah secara bertahap, namun persyaratan utamanya
tetap sama: "menghubungkan semakin banyak pengguna dan aplikasi
melalui berbagai media dan perangkat bersama sehingga bisa berkomunikasi dengannya
satu sama lain. "Kalimat ini menunjukkan tiga persyaratan untuk komunikasi data
dan isu-isu yang relevan yang harus ditangani:
(1) konektivitas: siapa dan bagaimana menghubungkan,
(2) skalabilitas: berapa banyak yang bisa terhubung, dan
 (3) pembagian sumber daya: bagaimana memanfaatkannya
konektivitas. Bagian ini menyajikan persyaratan dan pembahasan inti ini
Solusi generik untuk memenuhi persyaratan ini di sebagian besar jaringan komputer (tidak hanya internet)

Pada dasarnya arsitektur jaringan komputer dibagi menjadi tiga jenis dasar seperti
1. LAN (local area network), MAN (Metropolitan area network) dan WAN (wide area network. Sebuah LAN terdiri dari dua atau lebih komputer di ruang yang sama dengan menggunakan fiber optik atau kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan LAN, jaringan pribadi dan jaringan LAN perkantoran.
2. MAN jenis jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer di dua lokasi geografis yang berbeda di kota yang sama. MAN dapat menggunakan (kabel fiber optik) atau nirkabel dan sejumlah perangkat komunikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan MAN.
3. WAN terdiri dari dua atau lebih komputer di dua wilayah geografis yang berbeda (berbagai kota atau negara) dan dengan metode yang berbeda, untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan WAN dibutuhak provider yang menyewakan ( signal ISDN, gelombang radio, gelombang mikro, koneksi dial-up dan konektivitas melalui satelit). Internet adalah WAN terbesar di dunia. Dengan penemuan jaringan nirkabel, teknologi mobile dan optik penggunaan kabel telah menurun.

                                    Hasil gambar untuk lan man wan\
1.2 Underlying Principles
     Sebagai teknologi komunikasi data terdistribusi, packet switching telah diletakkan
turunkan prinsip-prinsip komunikasi data untuk diikuti. Kita bisa membagi set
prinsip menjadi tiga kategori: kinerja, yang mengatur kualitas layanan
packet switching, operasi, yang merinci jenis mekanisme yang dibutuhkan
penanganan paket, dan interoperabilitas, yang menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam standar protokol dan algoritma, dan apa yang tidak seharusnya.
               
-Bandwidth, Offered Load, dan Throughput
 Istilah "bandwidth" berasal dari studi radiasi elektromagnetik, dan awalnya
mengacu pada lebar pita frekuensi yang digunakan untuk membawa data. Namun, di
Jaringan komputer istilahnya biasanya digunakan untuk menggambarkan jumlah maksimum
Data yang bisa ditangani oleh sebuah sistem, entah itu node, link, path, atau network, pada tertentu
periode waktu. Sebagai contoh, ASIC mungkin bisa mengenkripsi 100 juta byte per
detik (MBps), transceiver mungkin bisa mentransmisikan 10 juta bit per detik
(Mbps), dan jalur end-to-end yang terdiri dari lima node 100 Mbps dan lima 10 Mbps
link mungkin bisa menangani hingga 10 Mbps mengingat tidak ada lalu lintas mengganggu lainnya
jalan. Seseorang mungkin menganggap bandwidth sebuah link sebagai jumlah bit yang ditransmisikan dan Terkandung dalam jarak yang disebarkan oleh sinyal dalam satu detik. Karena kecepatan cahaya dalam medium tetap sekitar 2 × 10 8 m / detik, bandwidth yang lebih tinggi berarti lebihbit yang terkandung dalam 2 × 10 8 m. Untuk jarak antar benua dari 6000 mil (9600 km, dengan
delay propagasi 9600 km / (2 × 10 8m) = 48 ms) dengan bandwidth 10 Gbps,jumlah maksimum bit yang terkandung dalam link adalah 9600 km / (2 × 10 8 m) ×10 Gbps = 480 Mbits. Demikian pula,"lebar" bit yang ditransmisikan disebarkan pada alink bervariasi sesuai dengan bandwidth link juga.

                           


                       







1.3 ARSITEKTUR INTERNET
Mengingat kendala utama packet switching, Internet memiliki solusinya
mencapai tiga persyaratan komunikasi data, yaitu konektivitas, skalabilitas,
dan pembagian sumber daya

ristektur Terminologi Jaringan
-CAN (Campus Area Network): CAN adalah jenis jaringan yang menghubungkan bangunan kantor, universitas, pendidikan atau kompleks perkantoran.
-Intranet: Intranet adalah jaringan pribadi yang dimiliki oleh kantor, perguruan tinggi atau organisasi dan yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang sah atau yang diijinkan.
-Internet: Internet adalah jaringan dari jaringan dan menghubungkan jutaan komputer dan jaringan satu sama lain dengan desain yang berbeda.
-MAN (metropolitan area network): MAN adalah jenis jaringan yang dirancang untuk sebuah kota. Jaringan MAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari jaringan WAN.
-SAN (Storage Area Network): SAN adalah jenis jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berkaitan seperti RAID penyimpanan file server, dan sistem tape.
-VLAN (virtual local area network): VLAN adalah jenis jaringan yang memungkinkan komputer pada jaringan fisik yang terpisah untuk dapat berkomunikasi seakan-akan mereka terhubung ke jaringan yang sama

1.4 IMPLEMENTASI SUMBER TERBUKA
      Arsitektur Internet menghadirkan seperangkat solusi terpadu untuk memenuhi persyaratan
dan prinsip-prinsip komunikasi data, dan rangkaian solusi ini terbuka
standar. Implementasi open source dari arsitektur internet mendorong hal yang sama
semangat keterbukaan satu langkah lebih jauh. Bagian ini membahas mengapa dan bagaimana caranya implementasi open source arsitektur Internet. Kami pertama membandingkan praktiknya
implementasi terbuka dan tertutup Kemudian kami menggambarkan arsitektur perangkat lunak
dalam sistem Linux, baik itu host atau router. Arsitektur ini kemudian didekonstruksi
ke beberapa bagian: kernel, driver, daemon, dan pengendali, dengan masing-masing bagian secara singkat ditinjau.




1.5 BUKU ROADMAP: KEHIDUPAN PAKET
  Kami telah melalui perjalanan yang mengenalkan mengapa dan bagaimana berkenaan
arsitektur internet dan implementasi open source-nya. Tapi tidak cukup detail
telah disentuh sejauh ini. Bab selanjutnya membahas mengapa dan
bagaimana di setiap lapisan tumpukan protokol, dan kita membahas dua masalah yang mendesak di
Internet: QoS dan keamanan. Sebelum melanjutkan ke bab-bab ini, pembelajaran ini bersifat instruktif
dan menghibur untuk melihat bagaimana sebuah paket dapat disimpan dan diproses di akhir
host atau perangkat perantara. Bagian ini juga memberi Anda latar belakang
untuk memahami implementasi open source yang tercakup dalam teks ini.

 -Struktur Data Paket: sk_buff
kerjasama antar kelipatan lapisan jaringan (atau modul) diperlukan untuk membungkus data menjadi paket atau membuka data dari sebuah paket Untuk menghindari seringnya menyalin data antar modul ini, yang umum Struktur data digunakan untuk menyimpan dan mendeskripsikan sebuah paket, sehingga setiap modul bisa lewat atau akses paket hanya dengan penunjuk memori. Di Linux, seperti struktur data bernama sk_buff, yang didefinisikan dalam file skbuff.h.
 Struktur sk_buff digunakan untuk menyimpan satu paket dan informasi terkait,
misalnya, panjang, jenis, atau data yang dipertukarkan bersama dengan paket antara
modul jaringan. struktur mencakup banyak pointer
variabel, yang sebagian besar mengarah ke ruang memori ukuran tetap tambahan dimana
paket sebenarnya tersimpan Nama field dengan awalan "+" mewakili offset
di kepala lapangan Variabel selanjutnya dan prev akan menghubungkan struktur dengan
sk_buff sebelumnya dan berikutnya sehingga paket dalam sebuah simpul dipertahankan dalam dua kali lipat daftar terkait Variabel dev dan sk menunjukkan perangkat jaringan dan soketnya,
                       

                              

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam Software Business Process Modeling & Notation (BPMN)

Ip Address Dan Subnetting

IP Address